Tuesday 15 November 2016

HAKEKAT FISIKA DAN PROSEDUR ILMIAH

HAKEKAT FISIKA

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu alam yang mempelajari tentang gejala dan sifat sifat fisik suatu benda. Fisika mempelajari tentang sifat dasar dari benda, seperti gerak, gaya,energi, zat, panas, bunyi, cahaya, serta struktur atom. Fisika lebih dari salah satu cabang ilmu alam. Akan tetapi, Fisika adalah dasar dari Ilmu alam. Pemahaman mengenai ilmu alam lain, seperti Kimia dan Biologi, harus diawali dengan pemahaman akan Fisika.

Fisika merupakan ilmu eksperimental. Fakta yang ditemuka oleh para ilmuwan tidak mutlak benar. Ketika disajikan sebuah fakta, maka para ilmuwan akan mencoba membuktikan kebenaran fakta tersebut. Jika fakta tersebut benar, maka akan diakui dan digunakan sebagai fakta ilmiah. Jika fakta tersebut tidak benar, maka fakta tersebut akan ditinggalkan dan hasil temuan terbaru itulah yang digunakan sebagai fakta ilmiah. Akan tetapi, fakta ilmiah tersebut bisa jadi salah ketika alat alat yang digunakan unuk penelitian semakin modern dan canggih sehingga data data eksperimen yang didata menjadi lebih valid.

B. Ruang Lingkup Fisika

1). Mekanika Klasik
Mekanika klasik merupakan cabang dasar fisika yang membahas mengenai gerak benda dan gaya yang bekerja pada benda. Mekanika klasik disebut juga mekanika Newton, karena berhubungan dengan hukum hukum gerak yang dirumuskan oleh Newton. Mekanikaklasik dibagi lagi ke dalam tiga sub lainnya, yaitu statika yang membahas tentang benda diam, kinematika yang membahas tentang benda bergerak, serta dinamika yang membahas tentang gaya yang berkerja pada suatu benda.
2), Termodinamika
Termodinamika merupakan cabang dasar fisika yang membahas tentang kalor dan suhu serta hubungannya dengan usaha dan energi. Termodinamika juga membahas mengenai perpindahan kalor dalam suatu sistem. Perpindahan kalor terjadi dari temperatur tinggi ke temperatur rendah hingga tercapai keadaan setimbang.
3). Elektromagnetisme
Elektromagnetisme merupakan cabang dasar fisika yang membahas tentang medan listrik dan medan magnet serta hubungan keduanya. Elektromagnetisme juga didenifisikan sebagai cabang fisika yang mencakup pembahasan tentang gaya elektromagnetik. 
4. Mekanika Kuantum
Mekanika kuantum merupakan cabang dasar fisika yang menggantikan mekanika klasik dalam pembahasan pada tataran atom dan subatom.
Penelitian fisika sekarang ini secara garis berat dibagi dalam beberapa bidang, yaitu fisika partikel; fisika zat terkondensasi; fisika atomik, molekuler, dan optik; astrofisikal dan fisika terapan.
A). Fisika Partikel
Fisika partikel mmpelajari tentang unsur unsur dasar dari zat dan energi serta interaksi antar keduanya. Fisika partikel juga disebut "Fisika Energi Tinggi" karena banyak partikel partikel dasar terjadi secara alami, melainkan hanya diciptakan selama tumbukan berenergi tinggi dari partikel partikel. 
B). Fisika Zat Terkondensasi
Fisika zat terkondensasi adalah bidang fisika yang berhubungan dengan sifat sifat fisika makroskopik dari suatu zat. Fisika zat terkondensasi merupakan bidang terbesar dalam Fisika masa kini. Bidang ini mempelajari tentang fase fase zat yang muncul ketika jumlah partikel dalam suatu sistem sangat besar dan interaksi antipartikel sangat kuat.
C). Fisika Atomik, Molekuler, dan Optik
Mempelajari tentang interaksi antar zat maupun antara zat dan cahaya dalam skala atomik dan molekuler. Fisika atomik mempelajari kulit elektron dari suatu atom. Fisika atomik juga mempelajari inti, tetapi fenomena nuklir seperti reaksi fusi dan fisi, digolongkan ke dalam Fisika energi Tinggi.
D). Astrofisika
Merupakan penerapan dari teori teori dan metode fisika untuk mempelajari struktur bintang, evolusi bintang, asal usu tata surya, serta berbagai masalah terkait kosmologi.

C. Metode Ilmiah

Kriteria Metode Ilmiah. 

=> berdasarkan fakta dan bersifat objektif
=>bebas dari prasangka
=>berdasarkan prinsip-prinsip analisis
=>melalui proses hipotesis
=>berdasarkan teknik kuantitatif

Langkah-langkah Metode Ilmiah

=>Identifikasi masalah dan studi pendahuuan
=>Perumusan masalah
=>Pengumpulan informasi
=>Pengajuan hipotesis
=>Melakukan eksperimen
=>Analisis data
=>Pengambilan kesimpulan
Ayo bersikap ilmiah...dengan data-data yang sebenarnya, mulai dari eksperimen kecil-kecilan yang sebentar lagi akan saya post.
tetep Semangat ya...semoga kalian menjadi Ilmuan Hebat :)